Sekolah Ramah Anak SMA Negeri 2 Banjarbaru

Sekolah merupakan rumah kedua bagi siswa, guru adalah sahabat dan orang tua siswa di sekolah, SMAN 2 Banjarbaru memberikan iklim sekolah yang aman, nyaman dan menyenangkan bagi warga sekolah. SMAN 2 Banjarbaru menjadi sekolah pertama dan saat ini menjadi satu-satunya sekolah tingkat menengah atas, yang menerapkan konsep Sekolah Ramah Anak (SRA) di Kota Banjarbaru.

Seluruh komponen yang ada di sekolah ini berkomitmen, bagaimana anak (siswa) SMADA betah di sekolah sehingga sekolah merupakan rumah kedua bagi mereka. Kasus-kasus kekerasan guru terhadap siswa atau sebaliknya yang pernah terjadi di sejumlah daerah di Indonesia sebelumnya, penerapan konsep Sekolah Ramah Anak ini jelas dirasa penting untuk menghindari hal-hal tersebut. 

Penerapan sekolah ramah anak di SMAN 2 Banjarbaru secara fisik dapat dilihat dari lingkungan sekolah yang aman dan nyaman serta kehadiran berbagai fasilitas yang berkualitas sebagai penunjang proses belajar mengajar seperti memiliki perpustakaan dengan koleksi buku yang cukup lengkap, musalla, UKS, kantin yang bersih dan juga sehat maupun berbagai fasilitas lainnya.

Salah satu faktor pendukung terciptanya sekolah ramah anak adalah proses belajar mengajar yang inovatif, interaktif dan komunikatif antar siswa dengan seluruh komponen guru dan ini merupakan bagian dari pendidikan karakter.

Sementara itu, Ketua OSIS SMAN 2 Banjarbaru, Hazza Dafi Ulhaq menyampaikan, dengan adanya konsep sekolah ramah anak ini, ia dan siswa lainnya mendapat kebebasan untuk berpendapat dan menyampaikan aspirasinya. “Fasilitas-fasilitas sekolah yang ada juga sudah nyaman dan sangat membantu siswa-siswi yang memerlukan,” pungkas siswa kelas XI IPS ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *