Jumat Iman SMA Negeri 2 Banjarbaru – Pembacaan Syair Burdah

Jumat tanggal 10 September 2021 SMA Negeri 2 Banjarbaru mengadakan salah satu agenda rutin sekolah yaitu Jumat Iman. Kegiatan Jumat Iman kali ini berbeda dari biasanya, yakni Sholat hajat yang diikuti oleh seluruh warga SMAN2 Banjarbaru, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan surah Al Fath di masjid Nurul Ilmi SMAN2 Banjarbaru. Setelah itu disambung dengan pembacaan syair Burdah. Syair Burdah dilantunkan secara berkeliling di lingkungan sekolah.

Burdah (Bahasa Arab: قصيدة البردة) merupakan suatu Qasidah (lagu-lagu) yang berisi syair tentang pujian/ sholawat kepada Nabi Muhammad صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. Syair tersebut diciptakan oleh Imam al Busiri dari Mesir (610-695H/1213-1296 M). Nama lengkapnya Syarafuddin Abu Abdillah Muhammad bin Zaid Al-Bushiri dari Mesir.

Burdah adalah salah satu karya paling populer dalam khazanah sastra Islam. Isinya sajak sajak pujian kepada Nabi Muhammad SAW, pesan moral, nilai-nilai spiritual, dan semangat perjuangan. Hingga kini Burdah masih sering dibacakan di berbagai pesantren salaf dan pada peringatan Maulid Nabi. Banyak pula yang menghafalnya. Karya itu telah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa, seperti Persia, Turki, Urdu, Punjabi, Swahili, Pastum, Indonesia/Melayu, Inggris, Prancis, Jerman, Italia.

Pengarang qashidah Burdah ialah Al-Bushiri (610-695H/1213-1296 M). Nama lengkapnya Syarafuddin Abu Abdillah Muhammad bin Zaid Al-Bushiri. Selain menulis Burdah, Al-Bushiri juga menulis beberapa qashidah lain. Di antaranya Al-Qashidah Al-Mudhariyah dan Al-Qashidah Al-Hamziyah.

InsyaAllah bacaan Shalawat Burdah menjadi obat mujarab dengan tetap menjaga protokol kesehatan.

Video kegiatan bisa ditonton di channel youtube Berita Smada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *