Meningkatkan Ketaqwaan Siswa Melalui Pesantren Ramadhan SMA Negeri 2 Banjarbaru

SMA Negeri 2 Banjarbaru merupakan salah satu sekolah menengah atas terkemuka di Kalimantan Selatan, dikenal karena keunggulannya dalam kegiatan akademik dan non-akademik. Baru-baru ini, sekolah telah mengadakan program Pesantren Ramadhan yang diselenggarakan mulai hari Senin, 27 Maret 2023, hingga Jumat, 31 Maret 2023.

Program Pesantren Ramadhan adalah program spiritual dan pendidikan yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang agama Islam dan memperdalam pengetahuan mereka di bidang keagamaan. Selama lima hari, siswa-siswi SMA Negeri 2 Banjarbaru mengikuti serangkaian kegiatan yang dirancang untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang agama. Kegiatan diawali dengan sholat dhuha berjamaah, diikuti dengan tausiah tentang fiqih, akhlak, dan tahsin. Kemudian, siswa-siswa diajarkan bagaimana cara melakukan sholat fardhu dengan benar, serta dilakukan praktik tahsin dan fiqih.

Dalam kegiatan Pesantren Ramadhan ini, siswa-siswi SMA Negeri 2 Banjarbaru diajarkan untuk memperdalam pemahaman mereka tentang agama dan untuk mengembangkan nilai-nilai kebaikan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Pada hari Jumat, yaitu hari terakhir kegiatan Pesantren Ramadhan SMA Negeri 2 Banjarbaru, diadakan serangkaian kegiatan yang lebih istimewa. Kegiatan tersebut dimulai dengan pembacaan Burdah dan Syair, dilanjutkan dengan Betamat Qur’an dan tausyiah singkat menjelang berbuka puasa yang disampaikan oleh Ustadz H.M. Nasrullah, S.Pd.i.

Kegiatan pembacaan Burdah dan Syair merupakan suatu bentuk penghormatan kepada Rasulullah SAW, sedangkan Betamat Qur’an adalah sebuah kegiatan untuk membaca al-Qur’an secara bersama-sama. Dalam tausyiah singkat menjelang berbuka puasa, siswa-siswa SMA Negeri 2 Banjarbaru mendapatkan penjelasan tentang pentingnya menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Setelah tausyiah selesai, dilakukan buka puasa bersama dan sholat Maghrib berjamaah yang diikuti oleh siswa-siswa dan dewan guru SMA Negeri 2 Banjarbaru. Kegiatan ini merupakan sebuah moment yang sangat spesial karena seluruh siswa dan guru dapat berbuka puasa dan sholat Maghrib bersama-sama.

Kegiatan pesantren ramadhan SMA Negeri 2 Banjarbaru tahun ini, tidak hanya membantu siswa-siswa untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang agama, tetapi juga memberikan pengalaman yang berharga. Selama lima hari, siswa-siswi SMA Negeri 2 Banjarbaru diajarkan untuk memperdalam pemahaman mereka tentang Islam dan memperkuat nilai-nilai kebaikan serta ketaqwaan kepada Allah SWT. Semoga kegiatan seperti ini dapat terus diadakan oleh sekolah-sekolah lain di seluruh Indonesia untuk memperkuat akidah siswa-siswi dan menjalin persatuan serta kesatuan antar sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *