Dari Kita, Untuk Mereka: Berbagi Kebaikan di Hari Pangan Sedunia

Hari Pangan Sedunia atau World Food Day merupakan peringatan global yang diperingati setiap tanggal 16 Oktober. Peringatan ini merupakan momen untuk meningkatkan kesadaran global tentang masalah kelaparan dan kekurangan pangan di berbagai belahan dunia.

Peringatan ini dibentuk di bawah Organisasi Pangan dan Pertanian PBB yaitu Food and Agriculture Organization (FAO).

FAO menetapkan tema yang berbeda setiap tahunnya untuk memperingati Hari Pangan Sedunia. Adapun tahun 2024 ini, tema yang diusung, yaitu “Right to foods for a better life and a better future” atau “Hak atas pangan untuk kehidupan yang lebih baik dan masa depan yang lebih baik.”

Tema tersebut ditetapkan berdasarkan masalah pangan yang dihadapi dunia saat ini dimana saat ini sekitar 733 juta orang menghadapi kelaparan akibat guncangan cuaca, konflik, kemerosotan ekonomi, ketidaksetaraan, dan pandemi. Dampak paling parah dirasakan oleh masyarakat miskin dan rentan, terutama rumah tangga petani, yang mencerminkan ketidaksetaraan yang meluas di dalam dan antar negara.

Dengan mentransformasi sistem pertanian pangan, terdapat potensi besar untuk mengurangi dampak perubahan iklim dan mendukung mata pencaharian yang damai, tangguh, dan inklusif bagi semua. Oleh karena itu, melalui tema ini diharapkan semua orang dapat memperoleh haknya untuk mendapatkan pangan yang lebih baik.

Pangan adalah kebutuhan dasar manusia ketiga setelah udara dan air. Oleh karenanya setiap orang harus memiliki hak atas makanan yang cukup.

Hak asasi manusia seperti hak atas pangan, kehidupan dan kebebasan, pekerjaan dan pendidikan tersebut telah diakui oleh Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia dan dua perjanjian internasional yang mengikat secara hukum.

OSIS dan MPK SMA Negeri 2 Banjarbaru, mewakili seluruh siswa dan siswi SMA Negeri 2 Banjarbaru, turut memperingati Hari Pangan Sedunia dengan menggelar Bakti Sosial.

Bakti Sosial ini dilaksanakan selama 1 hari yaitu Rabu, 16 Oktober 2024. Kegiatan ini didanai sepenuhnya oleh siswa dan siswi SMA Negeri 2 Banjarbaru, kemudian dikoordinir dan disalurkan oleh OSIS dan MPK SMA Negeri 2 Banjarbaru sebagai perwakilan siswa dan siswi. Dana yang terkumpul diubah dalam bentuk barang pangan berupa beras, telur, gula, dan lain lain.

Didampingi oleh Kepala SMA Negeri 2 Banjarbaru, Bapak Saryono, S.Pd, dan para pembina OSIS, perwakilan OSIS dan MPK menyerahkan bantuan pangan tersebut ke Panti Asuhan Raudhatun Nasyi’in Banjarbaru Kalimantan Selatan dan masyarakat sekitar yang membutuhkan.

Dengan terlaksananya kegiatan ini, diharapkan mampu mengajarkan pentingnya berbagi dan menumbuhkan rasa kepedulian terhadap sesama.

“Hari Pangan Sedunia menjadi momentum bagi kita untuk berbagi berkah. OSIS dan MPK SMA Negeri 2 Banjarbaru mengajak seluruh siswa dan siswi untuk turut serta dalam aksi sosial dengan menyalurkan bantuan sembako. Semoga senyum bahagia terpancar dari wajah mereka yang menerima bantuan kita. Karena berbagi itu indah!”

penulis: (OSIS MPK 2024-2025)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *