Kunjungan Paman Birin Pimpin “TURDES KEMERDEKAAN Bergerak Lintas Beribu Sungai Banua 2023” di SMA 2 Banjarbaru

Banjarbaru, 9 Agustus 2023

Semarak peringatan Hari Jadi Provinsi Kalimantan Selatan yang ke-73 dan Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia semakin mempesona dengan Turdes Kemerdekaan, yang digelar mulai dari 3 hingga 8 Agustus 2023. Tidak hanya menjadi rangkaian perayaan, tetapi acara ini juga memuat misi-misi berharga yang dilaksanakan oleh Paman Birin, Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan.

Kehadiran Paman Birin dalam rangkaian perjalanan lintas banua “TURDES KEMERDEKAAN Bergerak Lintas Beribu Sungai Banua 2023” mendapat sambutan yang hangat dari siswa SMA Negeri 2 Banjarbaru, Selasa 8 September 2023. Ini merupakan kunjungan pada hari ke-6 perjalanan, di mana Paman Birin bertemu dengan siswa dan berbagi inspirasi di sekolah ini.

Pada kesempatan ini, Paman Birin menguraikan empat misi penting yang diusung dalam Turdes kali ini. Dalam sambutannya, beliau mengibaratkan sungai sebagai “ibu pertiwi” yang perlu dijaga dan dirawat. Beliau menyerukan agar sungai tidak menjadi “tempat pembuangan sampah terbesar”, memanfaatkan musim kemarau untuk merawat sungai sebagai “aliran kehidupan”. Di Turdes ke-9 ini, fokusnya juga terarah pada penanggulangan stunting, pengendalian inflasi, pemberian identitas melalui e-KTP, dan menggelorakan revolusi hijau dengan menanam untuk generasi mendatang.

Turdes Kemerdekaan yang ke 9 ini mengusung perjalanan melintasi kabupaten di Kalimantan Selatan. Dimulai dari Kabupaten Batola pada hari pertama, perjalanan berlanjut ke Tapin, Hulu Sungai Selatan, dan Hulu Sungai Utara. Rute yang diikuti mencakup Tabalong, Balangan, Hulu Sungai Tengah, hingga wilayah pesisir seperti Tanah Bumbu, Kotabaru, dan Tanah Laut. Puncaknya, Turdes Kemerdekaan akan mengakhiri misi perjalanan di Kabupaten Banjar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *